Kuliah atau Nikah? Mungkin ini Jawabannya!

Kuliah atau Nikah? Mungkin ini Jawabannya!
Kalau Hunters disuruh milih, pengen S2 atau nikah dulu nih? Atau hunters malah lagi baper karena kalau mau nikah belum ada calonnya? Tapi kalau lanjut S2, skripsi saja belum kelar-kelar. Wah, berat banget beban hidupmu, ya hehe.

Mau yang manapun pilihannya, hunters sebaiknya mempelajari dulu konsekuensi dari tiap-tiap pilihan tersebut.

  1. Aku Mau Menikah Dulu, Baru Melanjutkan S2

Pilihan Pertama ini bisa jadi berlaku bagi mereka yang sudah memiliki calon pasangan. Lalu bagaimana dengan mereka yang masih Jomblo? Berhak saja, asalkan mereka mau bersabar dulu untuk mencari jodohnya, hehehe.

Namun tentunya menikah harus mempertimbangkan kesiapan baik dari sisi psikis, psikologis, biologis, spiritual, maupun materi. Bagi mereka yang sudah memiliki kemapanan dan kesiapan dalam semua sisi tersebut, mungkin pilihan pertama sesuai untuk kamu.

Keuntungan utama menikah dulu baru S2 adalah pada saat S2, kamu akan lebih tenang secara emosi, karena ada pasangan yang senantiasa mendampingi. Eit, jangan salah loh, seringkali beban S2 jauh lebih berat dibandingkan ketikaS1 dulu. Tentunya akan lebih nyaman jika di saat-saat sulit, ada pasangan yang setia di sisi.

2. Aku Mau S2 Dulu, Baru Kemudian Menikah

Wah bakal galau dong pas S2nya, karena ga ada yang nemenin? Hehe gak juga lah ya.

Mereka yang S2 dengan kondisi belum menikah akan memiliki keunggulan utama yaitu fleksibilitas yang lebih tinggi. Gak khawatir kalau pulang malam sampai jam 12 malam misalnya untuk eksperimen. Uang beasiswa yang bisa jadi cukup terbatas, bisa puas dimanfaatkan sendiri, tanpa “terbebani” biaya untuk menghidupi istri atau anak.

Apalagi, *cling cling, jangan-jangan jodoh kamu orang bule tempat kamu kuliah S2? Wah mungkin aja kan, kenapa tidak?

Yang jelas, semua pilihan di atas kembali ke pribadi kita masing-masing. Dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan, dan punya kemuliaannya masing-masing. Jangan sampai kita salah pilih yang nantinya akan menimbulkan rasa penyesalan di kemudian hari.

Jadi, mau Pilih Nikah atau S2? Pilihan ada di tangan Hunters 🙂 Selamat memilih! 🙂

Leave a Comment

Shopping Cart
Scroll to Top